Tips Perlengkapan Agar Liburan Tak Sia-sia

Tips Perlengkapan Agar Liburan Tak Menjadi Sia-sia, ya begitulah kira-kira Judul artikel untuk tips kali ini, berbicara soal liburan di generasi kita kini telah memasuki zaman dengan kesibukan super padat, entah padat dalam kebermanfaatan atau sibuk dalam kemalasan.
Dan merencanakan liburan pun menjadi susah-susah gampang, Dan sebaiknya jalani liburan semaksimal mungkin. Apalagi waktu yang kamu miliki untuk liburan begitu terbatas dan belum tentu juga ada peganti di lain hari.
tips perlengkapan liburan agar tak sia-sia
image source : https://pixabay.com
Walaupun dengan siapa nantinya anda akan pergi untuk liburan baik itu sendiri, bersama teman, keluarga atau dengan sang pujaan hati. Ada beberpa hal yang sebaiknya kamu siapkan agar liburan mu menjadi istimewa ( tak harus sempurna ) hehe..

berikut ini perlengkapan yang harus anda siapkan.
1.Bawalah tas ransel, yang nyaman dan lebih banyak membawa muatan
tips perlengkapan liburan agar tak sia-sia
image source : https://pixabay.com
Menggunakan tas ransel memang sudah umum sih, dan sebenarnya tidak wajib juga. Namun, tas ransel sudah bikin kekinian. Ada banyak model yang  unik dan berbagai merk yang layak kamu kenakan untuk menbawa barang bawaan saat liburan. Terlebih, dengan menggunakan tas ransel secara benar, barang bawaan akan terbagi rata di belakang saat digunakan. Ini lebih baik lagi dengan kamu tas selempang yang benar ke salah satu posisi tubuh. pasti bikin badan gampang pegal dan juga  lelah. Belum lagi tas ransel itu muat banyak barang dan lebih mudah menata barang bawaan.

2.Kenakan topi, selain melindungi dari silau dan panas, topi juga akan memaksimalkan gayamu jadi semakin khas
tips perlengkapan liburan agar tak sia-sia
image source : https://pixabay.com
Tak semua orang suka topi, tak semua orang butuh topi, namun tak ada salahnya bawa satu topi saat kamu menapaki liburan entah kemanapun itu. Indonesia kini disebut-sebut memiliki iklim kemarau basah, di mana musim panas dan hujan pun sulit diprediksi. Tapi tetap saja, saat matahari menyapa, panasnya suka ubun-ubun.


Kamu nggak mau kan kalau rambut jadi lepek, kering, dan memerah? Dan namanya juga gejala alam, meski tadinya mendung, bisa saja berselang 5 menit lagi panas kembali muncul. Namun, bukan hanya tentang melindungi dari panas matahari, topi juga bisa jadi penunjang dirimu saat mengabadikan momen-momen indah. Terlihat beda dan kece abis di mana kamu berada, baik outdoor maupun indoor. Tapi pastikan topi yang kamu kenakan layak pakai dengan model dan warna yang natural agar bisa sesuai dengan berbagai latar belakang.

3. Maksimalkan gadget yang dibawa, jangan sampai momen indahmu terlewat begitu saja
image source : https://pixabay.com
Jika memang sudah ada liburan, pastikan daya dalam kondisi prima 100% guys. Bawa tongsis atau aksesoris pendukung lainnya. Jika bawa kamera DSLR / mirrorless juga diingini dengan baterai ganda yaa. Baik HP atau kamera juga memiliki memori penyimpanan lebih dari cukup untuk menampung segala bidik gayamu.


Bila perlu, bawa juga aksesoris pendukung, entah kacamata, topi, selendang, buku agenda, atau apapun yang (saran kami) barang tersebut mewakili dirimu. Tapi juga mudah dicari dan difoto yaah, syukur juga ada manfaatnya.

4. Bawa kaos atau pakaian lebih untuk berganti gaya, kalo ini sih selera
tips perlengkapan agar liburan tak sia-sia
image source : https://pixabay.com

Terkait poin ini, sebenarnya tak ada yang salah dengan membawa pakaian berlebih. Semisal kamu belibur 1 hari di Jogja dengan tema 3 destinasi. Coba kenakan 3 kaos berbeda di masing-masing objek wisata tersebut. Bukan kinerja pamer dengan pakaian yang berbeda-beda.

Liburan dengan menerpa jalanan di siang hari itu beresiko menimbulkan keringat dan bau badan berlebih. Ganti pakaian salah satu solusi agar anda tetap tampil segar dan wangi. Nilai lebihnya, kamu bisa pose dengan pakaian yang berbeda di destinasi wisata berbeda. Jadi, feed Instagrammu juga tidak cuma itu-itu saja.

5. Travel charger dan powerbank yakin siap menemani
tips perlengkapan agar liburan tak sia-sia
image source : https://pixabay.com

Saat segala persiapan sudah lengkap dan matang, jangan biaya travel charger (universal) dan powerbank yaa. Karena tidak semua tempat menggunakan stop kontak konvensional. Selain itu powerbank juga berguna untuk kamu tetap siap sedia jika tak bisa mengisi daya listrik di perjalanan pulang.

6. Bawa peralatan mandi yang ukuran mini dan seperlunya juga yaa
tips perlengkapan agar liburan tak sia-sia
image source : https://pixabay.com

Bagi kalian yang akan berlibur untuk beberapa hari, jangan mengandalkan peralatan mandi di hotel atau berpikir untuk beli saja di lokasi tujuan nanti. Selain karena bakal boros biaya (kadang harganya lebih mahal) juga karena akan menguras waktumu belanja. Di hotel pun biasanya hanya sebatas pelengkap, belum tentu tubuhmu cocok pakai.

Bawa saja sedari rumah, beli yang ukuran kecil. Sikat gigi, pasta gigi ukuran mini, shampoo sachet, sabun cair, body lotion mini. Tak harus semua, seperlunya saja yang penting kamu tetap terjaga, bersih, dan wangi. Kamu sedang liburan, sedang sedang kerja kantoran.

7.Handuk tangan dan tisu basah, serius deh, ini juga sangat berguna pada saat liburan
tips perlengkapan agar liburan tak sia-sia
image source : https://pixabay.com

Namanya juga liburan, apalagi jika pergi ke pantai atau gunung, tentu membendung keringat itu tak mudah. Jadi, siapkan tangan tangan. Usap peluh keringatmu sampai kering. Tissue basah non alkohol bisa jadi penyegar kulit dan penambah wangi agar bau keringat tertutupi.

8. Sebotol air minum dan sebungkus snack, buat jaga-jaga aja, siapa tahu jodohmu kelaparan dan kehausan
tips perlengkapan agar liburan tak sia-sia
image source : https://pixabay.com

Kemanapun kakimu melangkah, simpan di dalam perjalanan kamu berbekal makanan ringan (entah roti, biskuit, permen) dan sebotol air minum. Bukan sebatas bekal agar tidak lapar dan kehausan. Berbagi makanan di tempat baru dan di perjalanan terbukti mempererat ikatan emosional. Bahkan bisa jadi awal mula untuk berkenalan.

Bagi golongan darah O, jangan telat makan yaa, kami kawatir kalau asam lambung tiba-tiba menyapa. Bagi para wanita, jangan cemas dengan makanan ringan yang kalian santap, karena kalorinya akan segera terbit dan lenyap.
semoga bermanfaat

Asal Usul Masjid Menara Kudus Dan Sejarah Nya

Masjid Menara Kudus atau 'Masjid Al Manar' yang juga memiliki nama resmi 'Masjid Al Aqsa Manarat Kudus' merupakan masjid tertua di pulau jawa dan juga merupakan bentuk dari budaya masa lampau, salah satu wisata rohani yang patut di telusuri.

Bagaimana tidak, Arsitektur Masjid Menara Kudus Menginggatkan kita bagaimana pola konsep budaya islam dan budaya hindu- buddhis terpadu.
Yang paling monumental dari bangunan masjid ini adalah menara nya yang berbentuk candi bercorak hindu. Arsitektur ini tidak akan kita temui kemiripan nya di seluruh dunia manapun, Keberadaan arsitektural nya yang tanpa padanan yang sangat khas untuk sebuah menara masjid menjadikan begitu mempesona.
keindahan masjid menara kudus
image source : www.wisatadigital.com
Asal Usul masjid menara kudus menurut sejarah nya di bangun oleh sunan kudus atau syekh jafar sodiq pada tahun 1549 M atau 956 H. Nama ini terdapat pada prasasti yang terpasang pada bagian atas mihrab, nama Masjid Menara Kudus sendiri sebenernya baru populer setelah pengislaman berlangsung.
dan Asal Usul menurut sejarahnya konon nama tempat didirikan nya masjid sekaligus menjadi kediaman sunan kudus sendiri dulunya bernama tajug yang mempunyai arti rumah berbentuk runcing, namun setelah Sunan Kudus datang mengganti nama tajug menjadi Al Quds yang lambat laun menjadi kudus dalam pengucapan lidah orang jawa.

Konon Asal Usul batu prasasti yang berada di atas mihrab di bawa langsung oleh Sunan Kudus dari Mekah.
Perancang menara masjid kudus mungkin masih tanda tanya, karena sunan kudus mendirikan yang bukan berarti perancang menara masjid kudus, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa perancang menara masjid kudus adalah sunan kudus.
Dan ada juga yang berpendapat bahwa menara kudus peninggalan kerajaan, dan tidak sedikit juga yang membantah pernyataan bahwa menara kudus peninggalan kerajaan.

Simbol candi yang menjadi icon mencolok dari menara ini bukanlah menunjuk pada kegunaan candi sebagai tempat memuja para dewa Hindu-budha, namun inisiatif Sunan Kudus membangun menara yang menyerupai candi adalah sebagai penarik perhatian umat Hindu agar dengan mudah menerima ajaran Islam yang elastis dan tidak menolak keseluruhan bentuk budaya terutama arisektur agama Hindu.

Dengan demikian Menara Kudus merupakan wujud dakwah akulturatif yang di lakukan oleh para penyebar agama Islam di nusantara terutama Sunan Kudus  dari segi seni bangunan. Hal tersebut menunjukkan betapa besar kebijaksaan serta toleransi antar agama  yang ditanamkan oleh para wali dan bukti bahwa proses Islamisasi tanah Jawa bukanlah dengan jalan kekerasan namun justru kelembutan yang ditawarkan sehingga Islam bisa menjadi agama mayoritas yang berkembang di Indonesia.
silahkan anda sendiri yang berpendapat, apakah menara kudus peninggalan kerajaan?
Arsitektur Masjid Kudus Yang Begitu Indah
image source : http://www.seputarkudus.com
keistimewaan masjid kudus ini tentu saja terletak pada menara dan gapura masjid kudus menyerupai candi dan bagian lain nya. Jika anda sedang melintas di kota kudus, tidak ada salahnya untuk sekedar singgah melaksanakan ibadah.
saat tiba di sana dan ingin mengabadikan foto anda bersama keistimewaan masjid kudus ini, telah tersedia fotografer yang siap mengabadikan foto anda, anda bisa memilih posisi foto dari keistimewaan masjid kudus ini, seperti contoh pose di depan gapura masjid kudus yang menyerupai candi. Lengkap dengan cetak serta kirim file.
di sekitar menara kudus juga tersedia beanekaragam oleh - oleh ciri khas makanan kudus seperti jenang kudus dan lain - lain.

Keistimewaan Masjid Menara Kudus mengingatkan kita kembali betapa pentingnya menjaga toleransi antar umat beragama di tanah air kita ini, Perbedaan agama bukanlah alasan untuk saling menonjolkan ajaran, Menyombongkan panutan, Tetapi dengan agama yang berbeda kita justru harus bisa di persatukan dalam suasana indah nan mesra.
Semoga Artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca semua, Salam hangat.

Fakta Pentingnya Liburan Dan Tips Liburan Hemat

Fakta pentingnya liburan dan tips liburan hemat tetapi tetap menyenangkan, ya inilah yang akan kita bahas kali ini.
berbicara tentang liburan terkadang kita terlalu sibuk dengan pekerjaan ataupun aktifitas yang kita jalani sehari-hari, ataupun waktu yang memang tidak memungkinkan hingga terkadang lupa akan pentingnya liburan.
Bahkan ada sebagian orang menganggap liburan bukanlah sesuatu yang penting dengan alasan hanya menghabiskan uang dan tidak menghasilkan apapun kecuali rasa letih dan pakaian kotor yang menumpuk.
Namun tidak sedikit juga orang yang berpendapat bahwa liburan adalah suatu keharusan dan merupakan hal penting, dan bagi orang - orang ini di saat hari libur pasti mereka akan mencari tempat-tempat liburan yang menyenangkan.
fakta-fakta-pentingnya-liburan
image source : https://stocksnap.io

A.Fakta - Fakta Pentingnya Liburan
Liburan itu sendiri pada dasarnya yaitu saat dimana seseorang dapat menggunakan waktunya untuk lebih dekat dengan keluarga, pasangan atau teman yang menghasilkan kepuasan dan rasa bahagia.
Bagi anda yang berpendapat liburan tidak penting dan sebelum masuk ke bahasan tips - tips liburan hemat tetapi tetap menyenangkan mari kita baca terlebih dahulu  tentang fakta - fakta pentingnya liburan berikut ini :

1. Setiap Orang Butuh Liburan
Hilangkanlah anggapan bahwa orang yang suka liburan adalah orang yang boros, karena secara psikologis setiap orang membutuhkan liburan.
Mengapa anak - anak sangat suka ketika liburan tiba? karena mereka bisa mendapatkan hal baru dan bisa bersenang - senang, yang membuat energy mereka kembali pulih saat menghadapi tahun ajaran yang baru.
Begitu juga anda, dengan melakukan aktifitas liburan anda bisa kembali segar setelah melakukan kesibukan di kantor atau di rumah.

2 .Liburan Sekali Dapat Membuat Bahagia Beberapa Bulan Ke Depan
Hasil penelitian dalam Journal Applied Research in Quality of Life menunjukan bahwa rasa bahagia yang senang liburan akan meningkat tajam dibandingkan mereka yang tidak liburan.
Bukan itu saja tetapi satu kali liburan juga dapat membuat seseorang merasa bahagia selama beberapa bulan kedepan.
Jeroen Nawijn, sang Kepala Penelitian mengatakan, “Tidak ada orang yang lebih bahagia selain mereka yang menikmati liburan,”. kalau begini, masih kah kita menolak liburan?

3. Menjadi Lebih Sehat Dengan Liburan
Tahu kah sahabat lintaswisata.info jika wanita yang liburan hanya sekali dalam 6 tahun dapat meningkatkan resiko serangan jantung atau kematian mendadak, sedangkan pria yang tidak mengambil liburan tahuan terbukti memiliki resiko kematian 20% lebih tinggi dan resiko terkena serangan jantung 30% lebih tinggi. terbayang tentunya, betapa pentingnya liburan.

4. Liburan Bisa Bikin Kita Awet Muda
Ini pasti yang bikin kaum hawa senang membacanya. hasil penelitian The Global Commission on Aging and Transamerica Center yang berada di Amerika Serikat, liburan dapat membuat kita awet muda.
bukan hanya itu saja, liburan juga bisa membantu memuluskan kulit, karena dengan berlibur, rasa stress hilang, rasa senang pun meningkat.
Hal ini dapat menunda lebih lama munculnya masalah kulit seperti keriput dan gejala penuaan dini.
tips-liburan-hemat-dan-menyenangkan
image source : https://stocksnap.io

B. Tips - Tips Liburan Hemat Agar Tetap Menyenangkan
Setelah membaca fakta-fakta ini, sudah yakin belum kalau liburan itu penting dilakukan minimal satu tahun sekali? jika sudah, ayo kita tentukan destinasi liburan kita dengan tips - tips liburan hemat dan tetap menyenangkan sebagai berikut :

1. Melakukan Survei Lokasi Tujuan Liburan
Sebelum anda pergi berlibur, anda pasti harus menentukan kemana akan pergi.
untuk memastikan bahwa tempat yang anda ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi anda tentang liburan atau tidak.
Survei bisa dilakukan melalui banyak cara internet, buku wisata, atau brosur dari agen travel.
selain itu, dengan melakukan survei anda bisa mulai menghitung kisaran uang yang anda butuhkan untuk berlibur ke tempat yang tujuan, dan juga anda bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan anda untuk berhemat menjadi lebih mudah.

2. Pemesanan Dari Jauh Hari
Setelah melakukan survei dan sudah menentukan tempat tujuan anda, sekarang anda harus mulai memesan tiket transportasi, tempat penginapan, atau bahkan jika ada, tiket tempat wisata di lokasi.
Karena biasanya jika pemesanan dilakukan dari lama sebelum hari H, anda akan mendapatkan harga spesial yang lebih murah atau anda bisa mendapatkan penawaran-penawaran menarik lainnya selama anda berlibur.

3. Usahakan Pergi Bukan Di Musim Liburan
Tidak dapat kita pungkiri terkadang kebanyakan tempat wisata, harga pada saat musim liburan atau high season akan lebih mahal daripada ketika di musim biasa atau low season.
Oleh karena itu, anda akan bisa lebih berhemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu, anda dapat lebih leluasa jika pergi bukan di musim liburan, karena biasanya lebih sepi, jadi anda bisa lebih menikmati liburan anda.

4. Utamakan Kenyamanan Dari Pada Kemewahan
Lupakan tentang liburan mewah jika anda mau berhemat. Tapi jangan sampai karena anda sangat berhemat, liburan menjadi tidak nyaman. utamakan kenyamanan anda, baik dalam memilih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan.
Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika anda bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah. mungkin sih, tetapi sangat jarang.

5. Membawa Uang Tunai
Selalu bawa uang tunai selama anda liburan. tentu bukan untuk dipakai berfoya-foya, tapi dengan membawa uang tunai, anda akan lebih bisa mengatur pengeluaran selama liburan.
Dengan membawa uang tunai, anda bisa melihat langsung berapa uang yang tersisa, sehingga dapat berpikir lebih dalam sebelum mengeluarkan uang.
Jika anda takut kecurian, bawalah uang secukupnya, namun tetap bawa debit dan kartu kredit Visa atau MasterCard. Hal ini untuk membantu anda saat membutuhkan uang mendadak.

6. Mencatat Pengeluaran Selama Liburan
Jangan lupa juga untuk selalu catat setiap pengeluaran yang anda lakukan walaupun itu sekecil apapun.
hal ini akan membantu anda mengatur dan mengetahui kemana saja uang anda mengalir.
Dengan mengetahui itu semua, anda bisa menekan kemungkinan anda untuk boros dan berfoya-foya yang membuat liburan menjadi mahal.

7. Berbelanja
Hal ini harus menjadi pokok pikiran anda yang terakhir, karena ini sering kali menjadi sumber pengeluaran terbesar anda saat melakukan liburan.
Saat pergi ke tempat berlibur, tentu membeli oleh-oleh dan beberapa barang sangat dianjurkan supaya anda dapat mengenang momen-momen liburan anda, tetapi jangan jadikan belanja sebagai prioritas utama anda jika anda tidak ingin kehabisan uang di hari-hari liburan selanjutnya.
Selain itu, carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan beragam daripada toko cinderamata.

Anda memiliki kendali penuh atas keuangan anda sendiri, maka itu liburan mau hemat atau tidak juga tergantung pada diri anda sendiri, sebagai pengendali keuangan anda. Jika anda mau berlibur tapi juga harus berhemat, maka tips-tips di atas mungkin bisa membantu anda.
cerita-liburan-keluarga
image source : https://stocksnap.io

Segala sesuatu ada waktunya, jadi ambillah waktu sejenak untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga. karena anda layak mendapatkannya.
Inilah sedikit cerita tentang fakta - fakta pentingnya liburan dan tips - tips liburan hemat tetapi tetap menyenangkan.
Salam terbaik semoga bermanfaat