Asal Usul Masjid Menara Kudus Dan Sejarah Nya

Masjid Menara Kudus atau 'Masjid Al Manar' yang juga memiliki nama resmi 'Masjid Al Aqsa Manarat Kudus' merupakan masjid tertua di pulau jawa dan juga merupakan bentuk dari budaya masa lampau, salah satu wisata rohani yang patut di telusuri.

Bagaimana tidak, Arsitektur Masjid Menara Kudus Menginggatkan kita bagaimana pola konsep budaya islam dan budaya hindu- buddhis terpadu.
Yang paling monumental dari bangunan masjid ini adalah menara nya yang berbentuk candi bercorak hindu. Arsitektur ini tidak akan kita temui kemiripan nya di seluruh dunia manapun, Keberadaan arsitektural nya yang tanpa padanan yang sangat khas untuk sebuah menara masjid menjadikan begitu mempesona.
keindahan masjid menara kudus
image source : www.wisatadigital.com
Asal Usul masjid menara kudus menurut sejarah nya di bangun oleh sunan kudus atau syekh jafar sodiq pada tahun 1549 M atau 956 H. Nama ini terdapat pada prasasti yang terpasang pada bagian atas mihrab, nama Masjid Menara Kudus sendiri sebenernya baru populer setelah pengislaman berlangsung.
dan Asal Usul menurut sejarahnya konon nama tempat didirikan nya masjid sekaligus menjadi kediaman sunan kudus sendiri dulunya bernama tajug yang mempunyai arti rumah berbentuk runcing, namun setelah Sunan Kudus datang mengganti nama tajug menjadi Al Quds yang lambat laun menjadi kudus dalam pengucapan lidah orang jawa.

Konon Asal Usul batu prasasti yang berada di atas mihrab di bawa langsung oleh Sunan Kudus dari Mekah.
Perancang menara masjid kudus mungkin masih tanda tanya, karena sunan kudus mendirikan yang bukan berarti perancang menara masjid kudus, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa perancang menara masjid kudus adalah sunan kudus.
Dan ada juga yang berpendapat bahwa menara kudus peninggalan kerajaan, dan tidak sedikit juga yang membantah pernyataan bahwa menara kudus peninggalan kerajaan.

Simbol candi yang menjadi icon mencolok dari menara ini bukanlah menunjuk pada kegunaan candi sebagai tempat memuja para dewa Hindu-budha, namun inisiatif Sunan Kudus membangun menara yang menyerupai candi adalah sebagai penarik perhatian umat Hindu agar dengan mudah menerima ajaran Islam yang elastis dan tidak menolak keseluruhan bentuk budaya terutama arisektur agama Hindu.

Dengan demikian Menara Kudus merupakan wujud dakwah akulturatif yang di lakukan oleh para penyebar agama Islam di nusantara terutama Sunan Kudus  dari segi seni bangunan. Hal tersebut menunjukkan betapa besar kebijaksaan serta toleransi antar agama  yang ditanamkan oleh para wali dan bukti bahwa proses Islamisasi tanah Jawa bukanlah dengan jalan kekerasan namun justru kelembutan yang ditawarkan sehingga Islam bisa menjadi agama mayoritas yang berkembang di Indonesia.
silahkan anda sendiri yang berpendapat, apakah menara kudus peninggalan kerajaan?
Arsitektur Masjid Kudus Yang Begitu Indah
image source : http://www.seputarkudus.com
keistimewaan masjid kudus ini tentu saja terletak pada menara dan gapura masjid kudus menyerupai candi dan bagian lain nya. Jika anda sedang melintas di kota kudus, tidak ada salahnya untuk sekedar singgah melaksanakan ibadah.
saat tiba di sana dan ingin mengabadikan foto anda bersama keistimewaan masjid kudus ini, telah tersedia fotografer yang siap mengabadikan foto anda, anda bisa memilih posisi foto dari keistimewaan masjid kudus ini, seperti contoh pose di depan gapura masjid kudus yang menyerupai candi. Lengkap dengan cetak serta kirim file.
di sekitar menara kudus juga tersedia beanekaragam oleh - oleh ciri khas makanan kudus seperti jenang kudus dan lain - lain.

Keistimewaan Masjid Menara Kudus mengingatkan kita kembali betapa pentingnya menjaga toleransi antar umat beragama di tanah air kita ini, Perbedaan agama bukanlah alasan untuk saling menonjolkan ajaran, Menyombongkan panutan, Tetapi dengan agama yang berbeda kita justru harus bisa di persatukan dalam suasana indah nan mesra.
Semoga Artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca semua, Salam hangat.

Post a Comment